Rabu, 18 Desember 2013

Cara Praktis dan Cepat Download Semua File di Blog atau Website

Menanggapi saran dari pengunjung blog ini terkait donwload soal-soal UN yang telah saya upload di blog ini saya diminta menggabungkan semua paket soal menjadi satu file pdf saja sehingga tidak berulang-ulang klak-klik. Saya berlasan itu saya lakukan untuk mengakomodir pihak lain yang koneksi internetnya yang kurang memadai sebab kalau saya gabung jadi satu ukurannya tentu akan besar. Jika ukurannya besar dikhawatirkan ketika gagal maka menjadi sia-sia menunggu tidak dapat hasil. Alasan lainnya tentu saya juga harus upload dengan ukuran besar yang tentu saja memakan waktu ekstra yang mengingat bandwidth yang saya punyai :) yang kalau kurang beruntung maka berakhir pada kegagalan saya meng-upload file tersebut.
Bagaimana mengatasi agar Anda yang punya bandwidth internet lega bisa cepat dan praktis mendownload tidak perlu satu-satu klik adalah dengan meng-grab semua link download file yang tersedia.

Alternatifnya adalah menggunakan internet download manager (IDM) seperti yang pernah saya tulis tutorialnya di sini. Prinsipnya sama untuk mendownload file apa saja termasuk file pdf pada soal UN yang ada di blog ini.
Atau
Dapat juga menggunakan add ons Firefox yaitu DownThemAll.
  1. Download dan install DownThemAll di Mozilla firefox kemudian menggunakannya. Bagi pengguna Firefox yang berniat menginstall DownThemAll silahkan unduh dulu dari sini. Biasanya akan langsung terinstall begitu setelah di klik dan anda pilih Install now setelah hitungan detik selesai, selanjutnya kita akan diminta restart firefox-nya (tutup dan buka lagi).
  1. Berikutnya buka kumpulan file yang ada di web/blog (misalnya Anda akan mendownload semua file soal UN yang berformat pdf di blog saya ini). Ingat Anda harus memastikan link atau tautan itu memang berisi file pdf atau file lainnya bukan html.
  1. Kopi semua link (pranala/tautan) yang berisi file yang hendak didownload. Kemudian buka DownThemAll dari menu Tools pada firefox  →  DownThemAll! Tools → Pilih DownThemAll . Seperti tampak pada gambar berikut:downthemall urip kalteng
  1. Langkah berikutnya perhatikan tampilan berikut, klik pada segitiga kecil Fast Filtering dan ketikkan pdf. Ini bertujuan agar semua file pdf yang Link-nya dikopi tadi bisa terdownload yang ditandai dengan tanda centang pada setiap link yang kita kopi. Siap download?!… Klik Tombol Start.
    Untuk tipe file dengan format tertentu tinggal disesuaikan saja untuk memfilternya, misal kalau format filenya jpeg, gantikan pdf tadi dengan jpeg.
    downthemall 2 urip kalteng
  1. Berikut ini adalah tampilan proses ketika sedang download dan antrian yang akan terdownload secara bergilir.downthemall 3 urip kalteng
Selamat mendownload semua file Soal UN dari blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wilujeng ngawangkong